Pages

Friday 3 February 2012

Sang Pemenang Nobel Sastra itu Bepulang


Pemenang Nobel Sastra, Wislawa Szymborska, yang dikenal sebagai Mozartnya puisi meninggal dalam usia 88 tahun, Rabu (1/1). Dia mengembuskan napas terakhir setelah lama menderita kanker paru-paru.

"Ia meninggal dengan tenang dalam tidurnya," ujar Asisten Wislawa Szymborska, Michal Rusinek.

Pujangga pemalu itu terkenal saat menjadi pemenang Nobel pada 1996. Wislawa menjadi orang Polandia keempat yang meraih Nobel.

Penulis drama yang juga Presiden Cekoslowakia, Vaclav Havel, menyebut Wislawa sebagai perempuan pendiam, santun, dan menyenangkan.

Wislawa yang juga kritikus sastra dan penerjemah puisi Prancis, menerbitkan puisinya setelah dihapusnya sensor Stalin pada 1957. Dia tidak mengakui puisi-puisi sebelum periode itu, gaya sastra maupun isi puisinya mewakili zaman Stalin.

Karya-karya Wislawa di antaranya Calling out to the Yeti diterbitkan 1957, yang membandingkan pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin, dengan makhluk salju mengerikan. Karya lainnya, People on the Bridge diterbitkan pada 1986 dan The End and Beginning ditulis pada 1993.

Puisi-puisinya sangat khas, karena penggunaan fabel, anekdot, dan metafora panjang. Namun, tak jarang dibumbui dengan ironi dan humor yang menggigit.

Pernah ada yang bertanya, mengapa Wislawa hanya menerbitkan kurang dari 350 puisi. "Aku punya tempat sampah di rumahku," jawab Wislawa singkat.

Tahun lalu, Wislawa mendapatkan penghargaan sipil tertinggi di Polandia, The Order of the White Eagle, yang diberikan langsung Presiden Polandia Bronislaw Komoroski.(Ant/Wtr4)

http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/02/02/80651/Sang-Pemenang-Nobel-Sastra-itu-Bepulang/3

0 comments:

Post a Comment