Pages

Friday, 26 July 2013

John Steinbeck: Dataran Tortilla

John Steinbeck lahir di Salmus california, pada tahun 1902. Ayah-ayahnya yang berdarah Jerman yang bekerja sebagai bendaharawan, dan ibunya yang berdarah Irlandia bekerja sebagai guru. Ibunyalah yang mendorong Steinbeck gemar membaca; dan setelah Steinbeck menjadi pengarang roman ternama, peranan ibunya itu digambarkannya dalam salah satu romanya yang terkenal: East of Eden.
Steinbeck sebenarna berbakat sebagai atlit dan pemain basket, tetapi waktunya yang terluang digunakannya untuk membaca. Ia menuntut ilmu biologi pada Universiras Stanford, di samping mengambil kursus kesusastraan. Ia keluar dari universitas tanpa m,emperoleh ijazah.
Steinbeck gemar berpetualang. Pernah menajadi tukang batu, tukang kayu, pembantu pelukis dan wartawan. Karya-karyanya yang terkenal antar lain: The Pastures of Heaven, Tortilla Flat, In Dubious Bettle, of Mice and Men, the Moon is Down, East of Eden, The Pearl, the Grapes of Wrath dan Winter of our Discontent. Ia mendapat hadiah Pulitzer pada tahun 1940 dan hadiah nobel pada tahun 1962. Ia meninggal pada tahun 1968.
DATARAN TORTILLA (Tortilla Flat) menggambarkan kaum paisanos-rakyat jelata yang berdarah kaum Spanyol, Indian, Meksiko dan Kaukasia, di sebuah daerah nelayan  yang miskin. Danny, seorang non-konformis, memimpin sekelompok petualang, hidup bersenang-senang, tanpa pertimbangan buruk baik. Tapi sebuah tragedi yang menimpa kelompok petualang ini merupakan amanat pengarang yang halus mengenai nilai hakikat manusia dalam menghadapi nasib.


Penerbit: Pustaka Jaya
Harga: Rp 45.000,-

Kontak: 08562346663

Reactions:

0 comments:

Post a Comment