Pages

Tuesday 3 April 2012

Buku dan Semangat Mencerdaskan Bangsa


Buku dan Semangat Mencerdaskan Bangsa
Posted by PuJa on April 3, 2012
Akhmad Sekhu *
http://www.kompasiana.com/akhmadsekhu

Dalam buku Tempat-tempat Imajiner: Perlawatan ke Dunia Sastra Amerika terbitan Yayasan Obor Indonesia terjemahan Sori Siregar, Erwin Yusbar Salim, Ayu Utami, terdapat sebuah cerita, dimana Michael Pearson, penulis buku tersebut, tidak sengaja mendengar obrolan anaknya dengan sekelompok temannya. Mereka membicarakan pekerjaan ayah masing-masing. Ia ingat betul anaknya berkata, “Pekerjaan ayahku membaca buku.” Ia menyesal karena ia tidak mampu mengatakan sesuatu yang lebih menarik atau lebih mempunyai alasan kuat daripada mengatakan itu.
Namun, anaknya toh mendekati kenyataan. Membaca buku, lantas membicarakannya di kelas dengan para pendengar – yang sebagian besar memperhatikan dirinya karena mereka diwajibkan untuk itu – memang itulah yang dikerjakan untuk sisi baik hidupnya. Namun, baginya buku juga selalu berarti petualangan, suatu kesempatan untuk menjejahi wilayah yang tidak kukenal, sebuah jalan untuk sesaat melepaskan diri dari dunia ini lantas menemukannya kembali.
Aku membayangkan bagaimana anakku, Fahri Puitisandi Arsyi, kalau besar nanti melakukan hal yang sama seperti anaknya Michael Pearson, membicarakan pekerjaanku pada teman-temannya, bahwa pekerjaanku membaca buku. Apakah aku akan menyesal seperti menyesalnya Pearson karena tidak mampu mengatakan sesuatu yang lebih menarik atau lebih mempunyai alasan kuat daripada mengatakan itu? Sebuah kenyataan bahwa aku membaca buku, kemudian menuliskan resensinya di berbagai media massa. Ya, sekarang pekerjaanku memang sebagai pengamat buku yang menulis resensi di media massa.
Sebagaimana nasib tragis profesi penulis di negeri ini, demikian juga dengan aku yang menjadi penulis resensi buku pendapatannya tak seberapa sehingga selalu mendapat protes keras dari istriku karena hanya untuk membeli susu anakku saja tidak sanggup. Anakku memang sekarang masih balita, entah, bagaimana kalau sekarang sudah besar tentu juga dipastikan akan protes karena tak bisa membeli kebutuhan gaya hidup layaknya anak-anak sekarang yang pola hidupnya sangat hedon. Selalu ingin berganti handphone sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru yang ada kamera canggih, bisa digunakan untuk facebook-an, bisa blogging, bisa chating, dan lain-lain.
Buku, entah mengapa benda ini selalu sangat menarik bagiku, dari sejak kecil, aku selalu tidak mau kalau diajak ibuku untuk shopping atau pergi ke salon. Sebuah kegiatan yang waktu itu sekitar tahun 80-an sangat jarang dilakukan oleh orang-orang di desa kami, desa Jatibogor, Suradadi, Tegal. Tapi ibuku yang dikenal sebagai “seorang kembang desa” dan memang cantik rupawan selalu rutin ke tempat perawatan kecantikan itu. Aku pun bangga, tapi kebanggaanku sebagai orang modern diwujudkan dengan gemar membaca buku. Sebuah kegiatan yang tahun 80-an, bahkan hingga sekarang jarang dilakukan, karena jangankan beli buku, untuk kebutuhan hidup sehari-hari saja masyarakat desa masih kekurangan.
Tapi aku yang kemudian dikenal kutu buku dan memang oleh karena itu banyak pengetahuan jadi setiap ibuku pergi ke salon selalu saja aku menuliskan pesanan sejumlah buku untuk dibelikan. Aku benar-benar menjadi orang rumahan yang jarang pergi kemana-kemana, kecuali selalu di rumah saja. Hingga pulangnya ibuku dari salon selalu aku tunggu-tunggu, bukan karena oleh-oleh makanannya yang lezat-lezat, tapi sejumlah buku-buku yang tentu bagiku amat sangat bermanfaat. Kegemaranku membaca buku itu pun sampai sekarang masih tetap aku pupuk.
Mahalnya harga buku tidak menyurutkan aku menjadi kutu buku karena aku punya tips yang praktis untuk mendapatkan buku-buku baru, yaitu menjadi penulis resensi buku. Kalau tulisan resensiku dimuat maka aku mendapatkan buku-buku baru pada penerbit. Dalam hal ini aku dengan penerbit buku menjalin hubungan mutualisme yang memang sama-sama menguntungkan. Dengan dimuatnya resensi buku berarti aku membantu promosi buku-buku baru jadi penerbit dengan senang hati selalu memberi buku-buku baru untuk kembali aku tulis resensi buku lagi.
Pengalaman pertama aku menulis resensi buku, sepuluh tahun lalu, sekitar tahun 1999-an, ketika saya masih kuliah di Yogyakarta. Berawal dari sebuah diskusi yang pembicaranya dari para penerbit, panitia penyelenggara berinisiatif melakukan pengundian dengan hadiah buku-buku dari para penerbit, dan aku ternyata termasuk yang memenangkan undian buku. Pulangnya langsung aku mencoba belajar menulis resensi dan dikirim ke sebuah media massa, tapi tidak dimuat. Kemudian, aku ralat tulisan resensi buku berulang kali revisi sampai akhirnya dimuat di media massa Jakarta, betapa sampai bahagianya karena honornya bisa untuk membayar kos selama enam bulan.
Dengan menulis resensi buku, aku mendapat keuntungan berlipat, yaitu honor dari media massa yang memuat resensiku dan sekaligus juga dapat buku baru lagi dari penerbit. Juga yang lebih penting lagi tentu saja, aku semakin bertambah pengetahuan dengan memuaskan kegemaranku selalu membaca buku. Harapannya, kalau sudah banyak buku maka aku punya niat akan membuat perpustakaan untuk masyarakat yang kurang mampu membeli buku yang memang harganya masih melambung tinggi sehingga semakin tak terjangkau bagi tangan-tangan masyarakat yang ingin meraih cita-cita setinggi mungkin.
Masih melambungnya harga buku dikarenakan terutama karena masih mahalnya harga kertas. Kertas, yang pertama kali ditemukan oleh Ts’ai Lun, seorang penemu kertas pada abad ke-2 di Cina, dan teknik pembuatan kertas baru menyebar ke seluruh dunia di abad ke-12. Sesudah itulah pemakaian kertas mulai berkembang luas dan sesudah Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas menggantikan kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat. Kini penggunaan kertas telah menjadi begitu umum sehingga tak seorang pun sanggup membayangkan bagaimana bentuk dunia ini tanpa kertas.
Di Cina, sebelum ada penemuan kertas, umumnya buku dibuat dari bambu. Buku yang terbuat dari kayu tentu berat dan kaku. Ada juga buku dibuat dari sutra, tapi tentu harganya sangat mahal sekali. Sedangkan di Barat, sebelum ada penemuan kertas, buku ditulis di atas kulit kambing atau lembu. Material ini sebagai pengganti papirus yang digemari oleh orang-orang Yunani, Romawi, dan Mesir. Sekarang, setelah penemuan mesin cetak, bahan hingga sampai mesin cetak super canggih yang mampu produksi sangat banyak dalam waktu singkat, semestinya harga buku murah. Tapi entah mengapa harga buku sekarang malah sangat mahal bahkan sampai tidak terjangkau oleh khalayak masyarakat banyak.
Kalau harga BBM bisa diturunkan, mengapa harga buku tidak? Kalau penurunan harga BBM sudah ada yang menjadikannya sebagai kampanye politik, tapi mengapa tidak ada caleg atau capres-cawapres yang juga mengusung penurunan harga buku?! Mereka yang maju di pemilu sebagai calon pemimpin negeri ini seharusnya peduli dengan nasib buku yang tampaknya makin terpuruk sehingga makin memperparah krisis negeri ini yang masih berkepanjangan sampai saat ini.
Untuk sebuah niat baik, tidak ada kata terlambat, karena itu ayo para pembesar negeri ini; mulai dari presiden dan wakil presiden yang baru serta jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid 2, para anggota legislatif yang baru dilantik dan kini duduk empuk di Gedung DPR/MPR Senayan, para gubernur, para walikota, para bupati, para camat, para lurah, para kepala desa, para ketua RW, sampai para ketua RT, demi kemajuan bangsa, ayo kita satukan tekad untuk memperjuangkan turunnya harga buku dan juga mengkampanyekan kegemaran masyarakat untuk membaca buku. Sebuah kegiatan yang nantinya akan mampu membawa negara ini menjadi lebih bermartabat di mata dunia internasional. Sesuai tujuan nasional yang dirumuskan para pendiri negeri ini bertekad mencerdaskan kehidupan bangsa dengan pembukaan undang-undang dasar 1945. Betapa gairah semangatnya masih dapat kita rasakan sampai sekarang.
__________________09 October 2009
*) Akhmad Sekhu lahir di desa Jatibogor, Suradadi, Tegal, besar di “Kota Budaya” Yogyakarta, kini hijrah ke “Kota Gelisah” Jakarta, yang insya Allah dalam hidupnya ingin selalu berkarya. Menulis berupa puisi, cerpen, novel, esai sastra-budaya, resensi buku, artikel arsitektur-kota, kupasan film, telaah tentang televisi di berbagai media massa, juga banyak mengerjakan penulisan buku biografi karier dan kisah kehidupan, kini bekerja sebagai wartawan Majalah Film MOVIEGOERS.

0 comments:

Post a Comment