Pages

Wednesday, 11 April 2012

Semangat Misbah hingga tutup usia



Semangat Misbah hingga tutup usia
Rabu, 11 April 2012 12:37 WIB | 283 Views


Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Alex Sihar mengenang sosok Misbach Yusa Biran sebagai orang tua yang selalu bersemangat dan sangat peduli pada kelangsungan sinematek Indonesia.

"Terakhir saya bertemu dengan beliau pada akhir tahun lalu. Dia orang yang selalu bersemangat terutama menyangkut upaya restorasi film Indonesia. Kadang-kadang saya dimarahi, tapi ya itu karena dia peduli dengan saya. Wajar kan orang tua menyemangati kami yang muda-muda ini," katanya kepada ANTARA News.

Alex mengenang Misbach sebagai orang yang hebat dan luar biasa di bidang perfilman Indonesia, sastra, dan teater.

"Saya langsung lemas mendengar kepergian beliau. Langsung terbayang betapa besarnya kehilangan kami. Kerja restorasi belum selesai dan kami sangat memerlukan beliau. Kami ini kan generasi yang perlu sejarah (perfilman). Sedangkan kita sebenarnya hampir tidak punya latar belakang sejarah itu," katanya.

Kepergian Misbach, lanjutnya, membuat upaya restorasi menjadi lebih berat karena data-data yang ada sangat minim. "Dia yang bisa membantu dan menuntun kami dalam upaya restorasi. Tapi sekarang ida tidak ada," katanya.

Sutradara dan penulis skenario senior Indonesia Misbach Jusa Biran meninggal, Rabu, sekitar pukul 07.00 WIB di Eka Hospital, Serpong, Tangerang, Banten. Misbach menjalani perawatan di rumah sakit itu sejak 31 April 2012 akibat menderita gangguan paru-paru.

Misbach kelahiran Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten 11 September 1933, yang juga merupakan suami dari artis Nani Wijaya dan ayah dari Cahya Kamila dan alm.Sukma Ayu.

"Selama ini restorasi kami lakukan, dia supervisi dari jauh. Kami yang mengerjakan, tapi banyak sekali data yang tidak ada, yang sebenarnya masih ada di dalam pikirannya," demikian Alex.
(R022)
Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012
Info: http://www.antaranews.com/berita/305639/semangat-misbah-hingga-tutup-usia

Reactions:

0 comments:

Post a Comment