Pages

Thursday, 24 May 2012

SMAN 4 Banda Aceh Wakil Aceh di Festival Musikalisasi Puisi


Aceh - Selasa, 15 Mei 2012 00:11 WIB
SMAN 4 Banda Aceh Wakil Aceh di Festival Musikalisasi Puisi

(Analisa/iranda novandi). Tim Musikalisasi Puisi SMAN 4 Banda Aceh saat beraksi dalam festival tingkat Aceh, baru-baru ini. Sekolah ini keluar sebagai juara pertama dan berhak mewakili Aceh untuk tingkat Sumatera.
Banda Aceh, (Analisa). Kepala Balai Bahasa Banda Aceh, Teguh Santoso, S.S,M.Hum, mengharapkan segenap pemangku kepentingan kebudayaan di Aceh memberikan perhatian dan dukungannya agar musikalisasi puisi menjadi genre kesenian yang dapat mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional
Ini dinilai perlu setelah melihat hasil pelaksanaan Festival Musikalisasi Puisi yang digelar Balai Bahasa Banda Aceh telah melahirkan bibit-bibit pekerja seni-sastra yang potensial dan andal, terutama dalam bidang musikalisasi puisi.

"Realita ini tentu saja menjadi hal menggembirakan bagi perkembangan musikalisasi puisi Aceh ke depan," ujar Teguh Santoso kepada Analisa di Banda Aceh, Sabtu (12/5).

Dikatakan, pada Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/Sederajat se-Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar yang baru digelar Balai Bahasa, memutuskan SMA N 4 Banda Aceh tampil sebagai pemenang pertama sekaligus menjadi wakil Aceh dalam ajang yang sama tingkat Sumatera di Padang pada Juli 2012.

Dalam Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA itu, pemenang kedua diraih SMAN Modal Bangsa Aceh Besar, SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh sebagai juara III dan pemenang favorit SMA Lab. School Banda Aceh.

Ketua Panitia Festival Musikalisasi Puisi Ibrahim Sembiring, mengatakan, penyelenggaraan festival ini merupakan sebagai upaya untuk menindaklanjuti pelaksanaan kegiatan Bengkel Sastra yang pernah diadakan oleh Balai Bahasa Banda Aceh beberapa waktu lalu.

"Salah satu topik yang disajikan penyuluh membahas tentang seputar musikalisasi puisi," ungkap Ibrahim Sembiring.

Festival yang diikuti enam sekolah se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar ini berlangsung pada 7-9 Mei 2012 itu dengan aspek yang dinilai dewan juri meliputi, penafsiran, komposisi musikal, harmonisasi, vokal, penampilan.

Dewan juri terdiri dari Ir Rahmad Sanjaya MSc. (perintis sekaligus pegiat musikalisasi puisi di Aceh), Djamal Syarif SSn (penyair Aceh sekaligus alumnus STSI Padang Panjang), dan Nurman Effendi, musisi Aceh yang saat ini aktif sebagai penata musik di sanggar Buana Nusantara Banda Aceh.

Menurut Sembiring, para guru pembimbing dan peserta festival sangat mengharapkan agar kegiatan festival musikalisasi puisi dapat dilaksanakan setiap tahun. Menurut mereka, selain dapat dijadikan sebagai ajang seleksi untuk mengikuti festival musikalisasi puisi tingkat SLTA se-Sumatera yang hingga kini sudah memasuki penyelenggaraan yang ketujuh.

"Festival ini juga sekaligus dapat dijadikan salah satu wahana pemasyarakatan musikalisasi puisi di Aceh," ujar Sembiring meniru ungkapan para guru pembimbing dari berbagai sekolah yang ikut. (irn)

Info: http://www.analisadaily.com/news/read/2012/05/15/50807/sman_4banda_aceh_wakil_aceh_di_festival_musikalisasi_puisi/

Reactions:

0 comments:

Post a Comment